Web page

Kamis, 14 Juni 2012

Menampilkan dokumen XML

Share this history on :


Setelah anda mengetahui aturan dalam membuat dokumen XML, kini anda harus mengetahui cara untuk menggunakannya dan menampilkannya pada dokumen HTML.

Untuk menampilkan dokumen XML, anda mebutuhkan browser Internet Explorer versi 5 ke
http://4.bp.blogspot.com/_zwhf0dARZGY/SaOsKxF_0wI/AAAAAAAAACo/5lRF8N_oy3s/s320/xml1.bmp
atas atau Netscape versi 6. Jika anda langsung membuka file XML pada browser, maka akan ditampilkan adalah dokumen yang diberi warna pada code root dan child dilengkapi dengan tanda plus (+) dan minus (-) yang digunakan untuk membuka dan menutup elemen yang ada didalamnya.

Anda disarankan tidak menampilkan dokumen XML secara langsung, pada situs anda. Karena tidak semua user atau pengunjung mengerti dan mengetahui cara membacanya. Sebaiknya anda menggunakan HTML untuk menampilkan data yang ada pada dokumen XML.

Dengan menggunakan HTML, anda dapat memformat tampilan menjadi lebih bagus dan data dapat lebih mudah dimengerti untuk dibaca.
http://2.bp.blogspot.com/_zwhf0dARZGY/SaOs0uCmPHI/AAAAAAAAACw/oXEqwTDWSZI/s320/xml3.png
Anda dapat membuat file HTML berikut ini dengan Dreamweaver. Agar penulisannya dan pembacanya menjadi lebih mudah. Berikut adalah script HTML untuk menampilkan data yang terdapat pada file XML:

Pada baris ke-7 file XML akan di impor ke dalam file HTML dengan menuliskan nama file dan path-nya (jika ada). Script pada baris inilah yang akan anda gunakan untuk mengambil file XML dari situs lain, yang kemudian akan ditampilkan pada situs anda.

Caranya, anda hanya perlu mengganti path pada nama file menjadi address dan nama file dari situs yang akan anda ambil file XML nya. Sebagai contoh, anda akan menampilkan berita-berita mengenai event flash yang ada pada situs babaflash.com di situs anda. Maka baris pada xml src akan diisi dengan address http://www.babaflash.com/xml/news.xml, yang berati anda akan mengambil file news dari http://www.babaflash.com/ yang berisi berita terbaru. Jika berita yang ada di babaflash di update, maka situs anda juga akan ikut terupdate isi beritanya. Inilah teknologi XML yang digunakan untuk pertukaran data, agar data dapat ditampilkan pada situs lain tanpa mengakses database secara langsung.

Baiklah, sekarang anda telah mengetahui bagaimana menggunakan XML dan ditampilkan melalui HTML. Namun yang baru anda ketahui yaitu menampilkan data XML yang memiliki satu data saja. http://4.bp.blogspot.com/_zwhf0dARZGY/SaOtXa0hcuI/AAAAAAAAAC4/kZIM1VvfXIA/s320/xml4.png

Bagimana jika datanya lebih dari satu? Pada dasarnya untuk menampilkan data XML yang lebih dari satu sama seperti menampilkan data XML seperti biasa. Hanya saja untuk menampilkan dalam bentuk yang lebih rapi sebaiknya anda menggunakan tabel pada HTML.

Berikut ini adalah contoh XML yang mempunyai data lebih dari satu data:

Pada script XML tersebut terdapat tiga buah dokumen XML (terdapat tiga buah tag ). Dan coba anda perhatikan ada elemen XML baru (tag baru) yaitu . Perlu anda ingat jika terdapat lebih dari satu data XML, maka harus terdapat elemen pembuka dan penutup utama yang menampung semua elemen didalamnya.
http://3.bp.blogspot.com/_zwhf0dARZGY/SaOt2j0_uqI/AAAAAAAAADA/vADhtAC0IaY/s320/xml5.png
Untuk menampilkan dokumen XML tersebut, kita akan menggunakan tabel. Perhatikan script berikut disamping ini :



Hasilnya dapat anda lihat pada gambar 1.2 dibawah ini. Data XML yang ditampilkan pada tabel akan berulang sendiri sampai data XMl habis dibaca. Inilah alasan lain mengapa anda disarankan untuk menggunakan tabel untuk menampilkan data XML yang lebih dari satu.http://2.bp.blogspot.com/_zwhf0dARZGY/SaOuNWbPrbI/AAAAAAAAADI/gTm_63C9544/s320/xml6.png


Gambar 1.2 menampilkan data XML dengan tabel.
Selesai....

0 komentar:

Poskan Komentar